Selasa, 29 November 2011

Mengapa orang Indonesia masih mengagung2kan Ilmu Eksakta; Matematika, Fisika dll...?


Seorang sahabat yg pernah tinggal di Belanda bercerita bahwa Orang2 Belanda dulu sengaja hanya memberikan pelajaran Ilmu Pasti bagi Pelajar2 Pribumi dan tidak membagikan Ilmu Sosial.  Mengapa.... ?


Ternyata katanya agar Orang Indonesia tidak pernah sadar bahwa Negaranya  di Jajah dan dikendalikan oleh Belanda, karena Indonesia adalah negara yg kaya akan sumberdaya alam.  Dan hasil pemikiran yg ditanamkan oleh Belanda masih menancap kokoh hingga hari ini.


Itulah mengapa jika di survey jumlah Sarjana terbanyak di Indonesia adalah jurusan Teknik dan Kedokteran.  Karena Jurusan yg di anggap bergensi oleh masyarakatnya adalah Kedokteran dan Teknik.


Padahal d inegara2 maju baik Eropa maupun Amerika, Ilmu2 yg di anggap paling bergensi adalah Ilmu2 Sosial seperti Sejarah, Politik, Hukum dll.  Dan bahkan sebagian besar pemimpin Negara, Presiden, Perdana Menteri adalah lulusan2 Sarjana Hukum dan Sosial.


Inggris dulu bahkan bisa menjajah sebagian besar daratan di dunia ini adalah karena kemampuan ilmu Manusia, yg sekarang di kenal dengan Ilmu Psikologi.  Inggris dengan kemampuan luarbiasa di bidang ilmu manusianya telah berhasil menaklukan dan menjajah mulai dari Amerika Utara hingga Australia dan New Zealand.   Sementara Belanda dengan Ilmu Sosial yg di kenal dengan DE VIDE ET EMPERA, telah berhasil menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun lebih.


Jepang dengan ilmu ekonomi yg di sebut "Dumping" telah berhasil MENJAJAH pasar otomotif baik mobil maupun motor di Indonesia.


Dan ternyata, hingga hari ini upaya Bansa2 Penjajah ini masih sangat berhasil.... Bangsa Indonesia begitu mengagung2kan Ilmu Pasti dan Sains seperti Matematika, Fisika, Kimia, Kedokteran.  Disekolah manapun jika kita survai baik Orang tua,  guru dan para muridnya memiliki pandangan yg sama, anak yg pintar adalah anak yg nilai Matematika dan Ilmu Eksakta lainnya bagus.


Bangsa2 Penjajah ini masih berhasil untuk membuat Bangsa Indonesia tidak menganggap penting Ilmu Sosial, Seperti.... Nasionalisme, Patriotisme dan Kebangsaan, Ekonmi, Pembangunan, Ilmu Politik, ilmu Hukum, ilmu demografi,  Geografi dan sumberdaya mineral, Management Strategi dsb.


Itulah mengapa kita masih terus terjajah dalam masalah Soesial, Hukum, Ekonomi, Politik, Perdagangan dan bahkan Olah Raga.


Negara2 penjajah ini masih akan terus berupaya agar kondisi ini terus berlangsung di Indonesia... agar bangsa ini tidak menyadari bahwa negaranya sedang di ekksploitasi sumber dayanya dan orang2nya di jadikan KONSUMEN.


Mereka berharap kondisi ini akan terus berlangsung....agar orang Indonesia terus menganggap bahwa Ilmu Sosial tidak bergengsi dan Penting.  Hingga akhirnya Bangsa Indonesia tidak menyadari bahwa penjajahan fisik yg dulu pernah di alaminya lebih dari 350 tahun masih terus berlanjut...dalam bentuk yg lebih moderen.
Dimbil dari facebook komunitas ayah edy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar