Minggu, 19 Desember 2010

Bagaimana Bisnis Internet itu dijalankan??

Menjalankan bisnis via internet gak ubahnya seperti menjalankan bisnis di dunia nyata....
Jika anda punya warung di rumah atau punya toko di mall, anda menjual sesuatu barang kepada pembeli.... Bagaimana Bisnis Internet itu dijalankan??

Menjalankan bisnis via internet gak ubahnya seperti menjalankan bisnis di dunia nyata....
Jika anda punya warung di rumah atau punya toko di mall, anda menjual sesuatu barang kepada pembeli....
Barangnya ada, penjual dan pembelinya ada, tokonya juga ada....

Berarti ada 3 komponen di Bisnis Offline :

1. Barang/jasanya ada,

2. Penjual dan pembeli ada,

3. Tokonya juga ada...

Begitu juga sederhananya bisnis di dunia internet marketing (online)...internet marketing berarti memasarkan sesuatu produk kepada calon pembeli dengan memanfaatkan teknologi internet....


Sedikit beda dg pemasaran offline, di pemasaran online antara penjual dan pembeli hampir tidak pernah berhadapan (kecuali kalo pake video atau webcam di komputernya). Ini berhubungan dengan komponen yang ke-4, yaitu memakai teknologi internet untuk saling berinteraksi....

Dengan demikian, pada Bisnis Online ada 4 komponen yang saling berhubungan :
1. Produk.

>>>Produk di internet dapat berupa barang dan jasa...

>>>Bisa produk sendiri atau produk orang lain....


2. Penjual dan Pembeli

>>>adalah sama-sama orang yang saling membutuhkan.

>>>Bertemu secara online dalam melakukan transaksi.


3. Tokonya ada

>>> Toko di dunia online berbentuk Website atau Blog.

>>>Website/blog ibarat media pertemuan untuk melakukan transaksi.


4. Teknologi Internet

>>>Segala transaksi mulai dari penawaran hingga pembayaran memakai teknologi internet

>>>Menghemat waktu, biaya, tenaga, dan sistem bisa berjalan otomatis.


Mungkin anda bertanya, Produk apa saja yg bisa dijual di internet?

Hampir semua produk yg kita kenal sebenarnya bisa dijual dg teknologi online. Baik berupa produk barang riil, maupun produk jasa informasi.

Produk Riil dapat berupa elektronik, perangkat komunikasi, fashion, makanan, barang kebutuhan rumah tangga, kebutuhan mewah seperti mobil, Rumah, apartemen, hingga produk parfum, dll




Produk informasi dapat berupa jasa pemasangan iklan, jasa pencucian baju, Keahlian merawat bayi, keahlian menularkan ilmu bisnis online, keahlian jasa konstruksi, keahlian mengajrkan komputer, keahlian bahasa Inggis, keahlian membuat website, kahlian ilmu diet, dan jasa informasi lain yg sangat banyak kalo dirinci..

Bahkan di Amerika Serikat sana ada bisnis online jasa "Petunjuk Lokasi Toilet " yg nyaman dan terdekat dari posisi kita ketika sdg berada di jalan..

Umumnya, produk jasa keahlian tersebut dikemas dalam sebuah buku dan dijual dengan sistem online berbentuk digital. Produk bisa didownload, bebas ongkos kirim, dan hemat waktu dan tenaga.

Bagaimana dengan Jarak dan waktu kerja kita??

Bisnis online tdk dibatasi ruang dan waktu..Tdk terbatas ruang : Anda bisa berhubungan dengan konsumen di manapun dia berada., baik di Indonesia, maupun di negara-negara lain. Tdk terbatas waktu : Anda bisa melakukan penawaran, menerima pembelian, atau berkomunikasi kapanpun selama 24 jam sesuai dengan keinginan anda.

Saya kasih contoh, ketika saya sedang asyik bercanda dengan anak-istri dirumah, ternyata ada order dari Samarinda dan Palembang setelah mereka membaca website sepatu saya.

Contoh lain, saya bisa berkomunikasi dengan member saya dari Jepang, Korea Selatan, dan Jedah dengan memanfatkan teknologi chatting atau email. Kadang perbincangan berlanjut hingga lewat telpon.

Lalu, bagaimana jika saya tdk Punya Produk sendiri???

Seperti saya sebutkan di atas, Produk di internet bisa produk kita sendiri, bisa juga memanfaatkan produk orang lain.

Jika anda tidak punya produk sendiri, anda bisa menjual produk orang lain (namanya affiliate program). Asal anda tahu, ribuan pelaku bisnis online di duna ini umumnya tidak punya produk sendiri. Mereka umumnya menjual produk orang lain..Semacam menjadi agen atau distributor kalo di dunia offline...Agen atau distributor juga bisa jadi pengusaha bukan???

Saya pun ketika awal terjun di Bisnis Online hanya menjual produk orang lain..Setelah kita paham dg sistem bisnis online ini, barulah bisa menjual produk kita sendiri..

Intinya, Bisnis online menjual 2 sumber produk :

1. Produk sendiri (istilahnya Product creation)

2. Produk orang lain (istilahnya affiliate atau reseller program)



Lalu dari mana kita dapat duitnya?

Jika kita punya produk sendiri, maka kita dapat penghasilan dari produk yg dibeli oleh konsumen kita. Biasanya sistem pembayaran menggunakan transfer antar bank.

Jika kita menjual produk orang lain, maka kita dapat komisi dari pihak perusahaan yang punya produk. Komisi affiliate ini biasanya cukup besar, yaitu sekitar 25% hingga 75% dari harga produk.

Sistem pembayaran komisi menggunakan transfer antar bank, cek yg dikirim ke rumah kita, atau rekening di internet (Rekening Paypal, E-gold, Liberty Reserve, dll. ).

Pembayaran komisi ada yg harian, mingguan, atau bulanan tergantung kebijakan perusahaan affiliate.



Syarat utama utk berhasil di Bisnis Online ada 3, yaitu : mau belajar, mau mempraktekkannya, pantang menyerah...! that's all....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar